cover
Contact Name
Muhammad `Ainul Yaqin
Contact Email
ayaqin28@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalalqodiri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan
ISSN : 22524371     EISSN : 25988735     DOI : -
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qodiri Jember. Jurnal ini memuat kajian-kajian pendidikan, Sosial dan Keagamaan. Terbit dua kali dalam setahun pada bulan April dan Agustus. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi memasukkan artikel ilmiahnya yang belum pernah diterbitkan oleh jurnal lain. Naskah diketik dengan spasi 1,5 cm pada kertas ukuran A4 dengan panjang tulisan antara 20-25 halaman, 7000-9000 kata. Naskah yang masuk dievaluasi oleh dewan redaksi dan mitra bestari.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2015): April" : 6 Documents clear
KECERDASAN MAJEMUK PESANTREN TRADISIONAL (STUDI ASPEK-ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF HOWARD GARDNER DALAM TRADISI PENDIDIKAN PESANTREN) Saikhotin, Sayyidah
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 8 No 1 (2015): April
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.482 KB) | DOI: 10.1234/al qodiri.v8i1.1571

Abstract

Abstrak Pesantren memiliki kekayaan visi keceerdasan sebagaimana yang digambarkan Gardner. Delapan kecerdasan tersebut telah memngiringi kelangsungan pembelajaran dipesantren, sejak santri bangun dari tidur hingga tidur kembali, tak salah akhirnya jika pesantren merupakan cikal bakal pembelajaran fullday school yang sederhana. Aspek-aspek kecerdasan dalam pandangan Howard Gardner diatas yaitu sembilan macam kecerdasan manusia yang meliputi bahasa (linguistic), musik (musical), logika-matematika (logical-mathematical), spasial (spatial), kinestetis-tubuh (bodily-kinesthetic), intrapersonal (intrapersonal), interpersonal (interpersonal), naturalis (naturalits) dan eksistensial, secara sederhana telah lama di pelajari dan di terapkan di pesantren. Aspek-aspek kecerdasan tersebut telah lema menjadi kearifan local pesantren, dalam melestarikan nilai-nilai yang diimani dan diyakini orang-orang pesantren sabagai format pendidikan yang tak mudah gamang ditelan perubahan dan cercaan para pembaharu-pembaharu pendidikan, yang justru terkadang dipaksa harus belajar banyak kepada kesederhanaan pendidikan pesantren. Key Words: Kecerdasan Majemuk, Pesantren Tradisional
LINGKUNGAN PENDIDIKAN BERPERAN AKTIF MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENURUT SYAIKH AL-ZARNUJI, DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM Arifin, Zainal
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 8 No 1 (2015): April
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (973.253 KB) | DOI: 10.1234/al qodiri.v8i1.1572

Abstract

Abstrak Lingkungan merupakan kondisi yang selalu melingkupi keseharian seseorang, dalam konsep pendidikan lingkungan meruapakan seuatu realitas yang sangat mendukung perkembangan pendidikan pendidikan anak, seorang anak yang hidup di lingkungan baik akan berbeda dengan siswa yang berada pada lingkungan yang tidak kondusif, baik dalam aspek pemikiran ataupun kepribadiannya, demikian ini disebabkan lingkungan sangat berperan terhadap pola pikir dan tingkah seorang anak, karenanya tak ayal dalam sebuah pepatah disebutkan seorang yang hidup disekitar pandai besi niscaya ia akan terkena percikan api dan juga baunya meskipun sedikit, demikian juga seorang yang berada dilingkungan penjual minyak wangi niscaya ia akan mencium minyak wangi badannya-pun akan bau wangi. Key word : al-Zarnuji, Motivasi. Instrinsik. Ekstrinsik
SEJARAH PEMIKIRAN BIDANG LEMBAGA KEPENDIDIKAN Yusuf, David Ilham
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 8 No 1 (2015): April
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.163 KB) | DOI: 10.1234/al qodiri.v8i1.1573

Abstract

Abstrak Lembaga pendidikan menurut pengertiannya adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai ‘tempat’ atau ‘wadah’ terjadinya proses belajar dalam arti proses perubahan dari sesuatu yang tidak atau kurang baik menjadi lebih baik. Pendidikan di masa klasik ini adalah semenjak adanya komunitas pendidikan dalam skala kecil, dengan identitas tradisi dan kepercayaan rakyat disitu. Seperti, pesantren dan padepokan. Lembaga-lembaga pendidikan masa klasik pra madrasah: 1. shuffah, 2. kuttab/ maktab, 3. halaqah,4. masjid, 5. khan, 6. ribath, 7. toko-toko buku dan perpustakaan, 8. rumah sakit, 9. badiah. Pendidikan kontemporer pada orde baru di Indonesia, yaitu: 1. tujuan pendidikan nasional berdasarkan pancasila, 2. pendidikan pancasila, 3. mutu dan relevansi pendidikan diarahkan pada usaha, 4. pendidikan tidak hanya dilakukan di sekolah namun juga dilakukan di keluarga dan masyarakat, 5. perluasan pendidikan dalam rangka untuk memperoleh didalam dan diluar sekolah, 6. pengembangan tenaga kependidikan, 7. pembagunan gedung-gedung sekolah, 8. pendidikan dan pengajaran bahasa indonesia, 9. pembinaan kepustakaan dan penerbitan, 10. pendidikan kejuruan dan keterampilan, 11. perguruan tinggi sungguh-sunggguh sebagai lembaga ilmiah, 12. pembinaan perguruan swasta, 13. pendidikan masyarakat diarahkan agar setiap anggota masyarakat sedini mungkin, 14. pendidikan jasmani dan olahraga. Key Words: Sejarah Pemikiran, Lembaga Kependidikan
USING KEYWORD MNEMONICS STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT OF PHYSICAL EDUCATION AND RECREATION DEPARTMENT, FACULTY OF PHYSICAL EDUCATION AND HEALTH OF PGRI UNIVERSITY OF BANYUWANGI Untari, Dewi
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 8 No 1 (2015): April
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.554 KB) | DOI: 10.1234/al qodiri.v8i1.1574

Abstract

Abstract This study is aimed at improving the vocabulary achievement of the students using “Keyword Mnemonic Strategy”. This strategy is selected because it is an effective and helpful for the students in learning English vocabulary. The research problem is how can Keyword Mnemonics strategy improve students’ vocabulary achievement at Physical Education and Recreation Department of PGRI University of Banyuwangi. This study employs classroom action research design in which the researcher acts as the lecturer who conducts the teaching activity while her collaborator is positioned as the observer who observes the lecturer’s performance and the students’ activities during the teaching learning process. The subject of this study is the students of Physical Education and Recreation Department, Faculty of Physical Education and Health of PGRI University of Banyuwangi. The cycle of the research consist of four major steps: planning of action, implementation of action, analysis, observation and reflection. The instruments used to collect data are test, observation checklist and questionnaire. The study is completed in cycle two. The finding of the research in cycle 1 shows that the students’ vocabulary score has improve. But, the score do not achieved the criteria of success. In cycle 2, the students’ score achieve the criteria of success. Based on the findings, it can be known that the improvement of the students’ average score has improved from 64.66 in cycle 1 to 79.66 in cycle 2. It can be concluded that teaching vocabulary using “Keyword Mnemonic Strategy” can improved the students’ vocabulary score. In this strategy, the students learn the five steps of keyword mnemonic strategy. They are: (1) Make a keyword (2) Think the picture (3) Produce the definition (4) Find the synonym and (5) Make a sentence. By using those five steps, the students can easily memorize the meaning of the target words. Cycle two shows that by creating their own keywords, students easiest to memorize the meaning of the words and they have long-term memory. Besides that, by creating their own keyword mnemonic, the students become a creative students. They free to create their own keyword to make their learning more enjoyful and more easy to understand. Key words: Keyword Mnemonic, Improving, Vocabulary
اختبارات القراءة Asy'ari, Hasyim
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 8 No 1 (2015): April
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.004 KB) | DOI: 10.1234/al qodiri.v8i1.1575

Abstract

نعلم أن في مناهج التعليم هناك عناصرها نحو أهداف التعليم، والوسائل، والمحتوى، وطرق التدريس و التقويم. ومن أهم العناصر لمعرفة نجاح عملية التدريس هو التقويم. التقويم هو تقدير مدى صلاحية أو ملاءمة شيء في ضوء غرض ذي صلة، أو هو العملية التي يحكم بها غلى مدى نجاح العملية التربوية في تحقيق الأهداف المنشودة (الدليمي، طه علي حسين و سعاد عبد الكريم عباس الوائلي ، 2005 : 49). فيه أشكال متعددة، أحد منها الاختبارات، إذ لا توجد حتى الآن مدرسة أو كلية أو جامعة دون اختبارات. كانت في تعليم مهارات اللغة العربية الأربعة الاختبارات التي هي من إحدى الوسائل المهمة للقيياس بجانب المراقبة والمقابلة، إذ نستطيع أن نقيس فعالية التعلم والتعليم ، فالأهداف خصوصا في تعليم اللغة لمهارة القراءة منها لمعرفة الرموز ونطقها نطقا صحيحاً، أي الاستجابة البصرية لما هو مكتوب، ثم النطق أي تحويل الرموز المطبوعة إلى أصوات ذات معنى، ثم الفهم أي ترجمة الرموز المدركة ومنحها المعاني المناسبة (الدليمي، طه علي حسين و سعاد عبد الكريم عباس الوائلي
I Muharram Tahun 1441 Hijriyah Sebagai Momentum Untuk Revitalisasi Kaum Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri Didalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Agenda Rutin Kirap Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember) Hanisy, Asmad
Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan Vol 8 No 1 (2015): April
Publisher : Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi Ilmiah (LP3M) Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember, Jawa Timur Indonesia bekerjasama dengan Kopertais Wilayah 4 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.721 KB) | DOI: 10.1234/al qodiri.v8i1.3526

Abstract

Abstrak I Muharram tahun 1441 Hijriyah merupakan tareh atau kelender Islam dimana keberadaannya dilupakan oleh sebagian umat Islam yang sering mengutamakan kalender umum. Namun tidak halnya dengan Pondok Pesantren yang ada di Jawa Timur khususnya Pondok Pesantren Al-qodiri Jember yang rutin melaksanakan dan memperingati I Muharram tahun 1441 Hijriyah yang dikemas dengan upacara santri dengan acara long mack sambil membawa lilin yang diikuti 3000 santri Putra-Putri mengelili area pondok yang luasnya kurang lebih 27 hetar. Metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Hasil peneltiannya adalah Proses peringatan 1 Muharram di PP. Al-Qodiri Jember berlangsung dalam lingkup dirayakan berbentuk karnaval dan mengelili Pondok lalu kembali kelapangan langsung mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Bapak Asmad Hanisy selaku Rektor Institut Agama Islam Al-qodiri Jember dengan mengangkat tema: I Muharram tahun 1441 Hijriyah sebagai momentum untuk revitalisasi kaum Santri Pondok Pesantren Al-Qodiri didalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Kata Kunci: I Muharram, Revitalisasi Santri dan Revolusi Industri 4.0.

Page 1 of 1 | Total Record : 6